Rabu, 16 Januari 2008



Andai Kau Anak Cendana...
PMII Jember Bakar Foto Soeharto dan Minta Diadili

JEMBER -Untuk kali kedua, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember melakukan aksi mengkritisi kebijakan pemerintah atas pemerlakuan mantan Presiden RI Soeharto yang dianggap terlalu istimewa.Dalam aksi yang diikuti puluhan aktivis PMII Komisariat STAIN Jember itu, mereka sempat membawa dan membakar foto Soeharto.
Selain itu, sambil membawa keranda jenazah, para aktivis itu juga mengumandangkan surat tahlil demi kesehatan penguasa orde baru itu. Demo itu mereka lakukan dengan berjalan mulai dari Jalan Kalimantan menuju Gedung DPRD dan dilanjutkan ke Kantor Pemkab Jember."Kita mendoakan Soeharto agar lekas sembuh. Tapi ingat, kalau sudah sehat harus ada pengadilan khusus untuk Soeharto atas kasus korupsi selama dia memimpin," kata Koordinator Lapangan Aksi M Asraf, Rabu (16/1).Ia juga mengatakan, pemerintah seharusnya tidak memperlakukan istimewa terhadap pengobatan Soeharto saat ini. Lanjutanya,PMII mendesak agar pemerintah tidak melakukan langkah-langkah kompromis dalam penuntasan kasus Soeharto baik kasus korupsi maupun perdata. Aksi tersebut juga membentangkan sejumlah poster bernada mengecam kebijakan pemerintah diantaranya, "Tuntaskan persoalan korupsi di Indonesia", Tegakkn Supremasi Hukum", dan Selesaikan kasus hukum mantan Presiden RI
Seoharto".Dalm aksi itu akhirnya ditanggapi oleh dua anggota DPRD Jember. Mereka yakni Wakil Ketua DPRD Jember M Asir dan anggota Komisi B Sudaim. "Kami sepakat dengan aspirasi kalian. Semoga saja pemerintah bertindak sesuai keinginan mahasiswa," timpal M Asir. Puas membakar foto dan keranda jenazah, mahasiswa terus melakukan orasi sepanjang jalan sambil membagikan selebaran pernyataan sikap mereka pada pengguna jalan. (p juliatmoko)

Tidak ada komentar:

M Y P E O P L E

V i s i t o r

counter